Diskop Perindag Sumenep Lakukan Pemetaan Potensi Ribuan UMKM

Nusa Update - 04/02/2022
Diskop Perindag Sumenep Lakukan Pemetaan Potensi Ribuan UMKM
Diskop Perindag Sumenep Lakukan Pemetaan Potensi Ribuan UMKM - (Nusa Update)
Penulis
|
Editor

Sumenep, NusaUpdate.com – Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop Perindag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan pemetaan potensi terhadap 2115 UMKM yang ada di kabupaten setempat.

Langkah itu dilakukan untuk mewujudkan target produk UMKM Sumenep masuk pasar modern dan pangsa pasar lainnya.

“Yang pertama, kita akan melihat sejauh mana standarisasi izin yang sudah atau belum dimiliki oleh para pengusaha mikro,” kata Kepala Diskop Perindag Sumenep, Chainur Rasyid.

Ia menuturkan, standarisasi izin merupakan pondasi utama bagi UMKM agar bisa menembus pasar modern dan beberapa pangsa pasar lainnya. Diskop Perindag Sumenep berjanji akan membantu fasilitasi para pelaku UMKM dalam pengurusan izin berstandar Nasional.

Baca Juga :  Diskon Ramadhan 2021, Pemprov Jatim Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

“Izin itu dulu yang harus kami support. Di antaranya seperti izin PIRT tentang kesehatan, Nomor Induk Berusaha (NIB), kemudian izin halal,” ujarnya.

Setelah perizinan selesai, Diskop Perindag Sumenep akan memperhatikan pengemasan (packaging), yang meliputi pelabelan, informasi nutrisi dan higienitas produknya.

“Nanti baru kita carikan pangsa pasar yang membutuhkan terhadap produk tersebut,” ujar kepala dinas yang akrab disapa Inung itu.

Sejauh ini, baru ada 20 produk UMKM yang sudah bisa dikerjasamakan dengan beberapa toko modern, seperti Indomaret. Salah satunya ada kripik singkong, stick gabus, dan sejumlah produk lainnya.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Dilarang, Polda Jatim Akan Lakukan Penyekatan di 7 Titik Perbatasan

“20 produk itu sudah bisa ditemukan di etalase produk Indomaret,” tutur Inung.

Selain itu, lanjut mantan Kadis SDA ini, pihaknya juga mencoba memasarkan produk UMKM ke pasar internasional. Bahkan pihaknya sudah mengirim produk pada koleganya untuk ditawarkan ke beberapa pangsa pasar di luar negeri.

“Kami butuh dukungan semua pihak, masyarakat secara umum, agar produk UMKM Sumenep bisa menembus pasar nasional hingga luar negeri” harapnya. (mad/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X