Kecanduan Merokok Sejak Usia Muda Sulit Dihentikan dan Ini Resikonya

Nusa Update - 14/06/2021
Kecanduan Merokok Sejak Usia Muda Sulit Dihentikan dan Ini Resikonya
Kecanduan Merokok Sejak Usia Muda Sulit Dihentikan dan Ini Resikonya - (Nusa Update)
Penulis
|
Editor

Kesehatan, Nusa Update – Ketergantungan terhadap rokok merupakan sesuatu yang memberikan banyak dampak negatif dan mengakibatkan beberapa resiko. terutama bagi mereka yang sudah mulai merokok sejak usia remaja.

Dilansir dari liputan6.com Spesialis penyakit dalam dr. Pandang Tedi Adriyanto, M.Sc, Sp.PD, FINASIM dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menjelaskan salah satu kandungan kimia yang ada pada rokok adalah nikotin. Zat kimia yang bisa menimbulkan kecanduan.

“Semakin muda seseorang mulai merokok maka semakin sulit pula mereka untuk berhenti dan memiliki resiko yang lebih besar dari pada perokok yang mulai merokok sejak usia dewasa, ” terangnya.

Baca Juga :  Dilanda Cemburu, Seorang Suami di Sumenep Bacok Mantan Pacar Istri Menggunakan Celurit

Ada beberapa resiko dan bahaya merokok saat usia muda, seperti kerusakan organ tubuh. Semakin muda memelai merokok, semakin besar pula risiko kerusakan organ paru-paru dan organ lain seperti pembuluh darah dan jantung.

Dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Hospital Sukabumi tersebut juga mengingatkan bahaya paparan nikotin terhadap tumbuh kembang anak, yakni gangguan kecerdasan dan tingkah laku hingga gangguan konsentrasi karena ada kerusakan pada korteks cerebri dan menyebabkan ganggu pertumbuhan.

Kebiasaan merokok menyumbang presentase angka kematian terbesar kedua di Indonesia setelah hipertensi, sebab merokok menyebabkan banyak penyakit tidak menular yang berhubungan erat dengan merokok seperti kanker,

Baca Juga :  Waspada, Sering Nyeri Lutut di Malam Hari Bisa Karena Penyakit Ini

Selain itu juga bisa mnyebabkan penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit paru oktsotivcoronis, stroke, serta penyakit yang berhubungan dengan kanker lainnya.

Pada 2020, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO melaporkan penggunaan tembakau membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun yang terdiri atas 7 juta orang pengguna aktif tembakau, sedangkan 1,2 juta orang merupakan perokok pasif.

Olehkarena itu sebaiknya apabila sudah mulai merokok sejak usia muda segera mencoba untuk berhenti merokok. (mu/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X