Jokowi Peringatkan Bahaya Ancaman Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal

Nusa Update - 02/06/2021
Jokowi Peringatkan Bahaya Ancaman Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal
Jokowi Peringatkan Bahaya Ancaman Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal - ()
Penulis
|
Editor

Jakarta, Nusa Update – Presiden Republik Indonesia ( RI ) Joko Widodo memperingatkan bahaya ancaman ekspansi ideologi transnasional radikal.

Menurutnya, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan.

“Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta-merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari detikcom, Rabu (2/6/2021).

Presiden RI ke 7 ini meminta semua pihak waspada terkait rivalitas antar ideologi. Termasuk soal meningkatnya ideologi transnasional di era disrupsi teknologi.

Baca Juga :  Perintahkan Kejar KKB Papua, Kapolri : Negara Tidak Boleh Kalah

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” ujarnya.

Apalagi, ideologi trans nasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara.

“Berbagai strategi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan, pendalaman nilai-nilai Pancasila tak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Perlu cara-cara baru yang luar biasa agar Pancasila dimanfaatkan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga :  Gempa Guncang Malang

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” pungkasnya. (mu/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X