Fat-Shaming Jadi Masalah Kesehatan Global di Era Milenial

Nusa Update - 02/06/2021
Fat-Shaming Jadi Masalah Kesehatan Global di Era Milenial
Fat-Shaming Jadi Masalah Kesehatan Global di Era Milenial - ()
Penulis
|
Editor

Kesehatan, Nusa Update – Dua studi baru yang dipublikasikan International Journal of Obesity pada Selasa (01/06/2021), menemukan bahwa di zaman kiwari, ‘fat-shaming’ atau mempermalukan orang dengan kelebihan berat badan menjadi masalah kesehatan global.

“Stigma terkait berat badan begitu umum dan bisa sangat merugikan. Stigma membuat seseorang ogah mencari perawatan yang tepat, sehingga menjadi masalah kesehatan yang tak terselesaikan,” kata penulis utama studi, Rebecca Puhl, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

Puhl sendiri telah mempelajari berbagai stigma yang muncul terkait berat badan selama hampir dua dekade. Dia menemukan prevalensi stigma terkait berat badan yang begitu tinggi.

Baca Juga :  Gempa Guncang Malang

Dalam studi yang di lakukan oleh International Journal of Obesity melakukan survei kepada sekitar 14 ribu anggota Weight Watchers di enam negara seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat.

Hasilnya, ditemukan bahwa anggota keluarga adalah kelompok yang paling merasa malu jika ada anggotanya yang mengalami kelebihan berat badan.

“Sebanyak 76-88 persen peserta mengaku pernah dihina akibat berat badan berlebih oleh orang tua, saudara kandung, atau anggota keluarga lainnya,” imbuhnya. (mu/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X