DPS Pilkades Masalima Memuat Nama Fiktif, FKM Datangi Kantor Kecamatan Masalembu

Nusa Update - 07/06/2021
DPS Pilkades Masalima Memuat Nama Fiktif, FKM Datangi Kantor Kecamatan Masalembu
DPS Pilkades Masalima Memuat Nama Fiktif, FKM Datangi Kantor Kecamatan Masalembu - (Nusa Update)
Penulis
|
Editor

Sumenep, Nusa Update – Perwakilan warga Masalembu yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Masyarakat Kepulauan Masalembu (FKM) mendatangi Kantor Kecamatan Masalembu, Senin (7/6/2021).

Kedatangan FKM ini terkait persoalan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades Masalima yang diduga memuat nama-nama fiktif dan tidak dikenal.

Jailani, Koordinator FKM mengatakan, kedatangan masyarakat ke Kantor Kecamatan ini dilakukan setelah pihaknya melakukan kroscek mengenai kesesuaian nama-nama pemilih yang tertera dalam DPS.

“Setelah dilakukan pemeriksaan nama-nama pemilih yang tertera dalam DPS yang dikeluarkan Panitia Pilkades Masalima, hasilnya menunjukkan bahwa nama-nama pemilih yang tertera di DPS merupakan nama-nama fiktif dan tidak dikenal atau tidak ditemukan pemiliknya,” terangnya (07/06/2021).

Baca Juga :  Terduga Pembunuh Balita Umur 4 Tahun di Sumenep Diamankan Polisi

Bahkan, salah satu bakal calon kepala desa atas nama Ahmad Juhairi dengan tanggal lahir 21 Agustus 1986 tidak tercantum dalam DPS.

“Dalam DPS memang ada yang namanya Ahmad Juhairi, namun tanggal lahir yang dicantumkan berbeda dengan identitas yang bersangkutan. Ini hanya salah satu contoh nama pemilih fiktif yang ada dalam DPS,” imbuhnya.

Dengan demikian, lanjut Jailani, pihaknya menyimpulkan bahwa Panitia Pelaksana Pilkades Masalima yang dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan diawasi oleh Camat Masalembu tidak melakukan salah satu tahapan penting dalam Pilkades yaitu pemutakhiran data.

Baca Juga :  Kabur ke Tanggerang, DPO Kasus Asusila Anak di Bawah Umur Diringkus Polisi

Oleh sebab itu, pihaknya bersama masyarakat yang lain mendatangi Camat Masalembu untuk menyampaikan persoalan tersebut sekaligus memberikan surat permintaan untuk mendesak panitia agar segera melakukan pendataan ulang dalam rangka pemutakhiran data.

Di lain pihak, Ahmad Juhairi selaku salah satu Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) sangat menyayangkan kenyataan yang terjadi saat ini.

“Jika Panitia Pelaksana Pilkades tidak segera menindaklanjuti tuntutan masyarakat tersebut dengan melakukan pendataan ulang, maka panitia telah sengaja menghilangkan hak politik masyarakat. Padahal hal ini telah dijamin oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.” ujar Ahmad.

Baca Juga :  Hari Raya Idul Fitri, Forkopimda Jatim Sidak Pusat Perbelanjaan

Kedatangan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam FKM itu ke Kantor Kecamatan Masalembu merupakan kelanjutan dari gerakan mengawal Pilkades Masalima.

Sebelumnya, tepatnya dua hari yang lalu, FKM juga telah mendatangi BPD Masalima selaku otoritas yang membentuk dan mengawasi panitia. (mu/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X