Awas, Ini Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Perut Kembung

Nusa Update - 10/06/2021
Awas, Ini Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Perut Kembung
Awas, Ini Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Perut Kembung - (Nusa Update)
Penulis
|
Editor

Kesehatan, Nusa Update – Perut kembung sering membuat kondisi kita tidak nyaman karena membuat kita merasa akan mual.

Hindari beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan kembung ini agar perut tetap nyaman sepanjang hari.

Dilansir dari klikdokter.com berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut kembung :

1. Permen Karet Bebas Gula

Permen karet bebas gula sebetulnya masih mengandung gula, yaitu gula alkohol. Gula ini merupakan bentuk dari karbohidrat yang sulit dicerna. Gula alkohol dapat memicu perut jadi kembung, khususnya ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Baca Juga :  Polres Mojokerto Gerebek 3 Home Industry Petasan, 70 Kg Peledak Disita Polisi

Ketika berada di saluran pencernaan, gula alkohol akan difermentasi oleh bakteri, lalu melepas gas yang menyebabkan perut kembung, kram, nyeri, bahkan diare.

Untuk menghindari perut kembung akibat permen karet jenis ini, baca kemasan dan hindari bahan-bahan yang berakhiran “-ol”, seperti xylitol, manitol, sorbitol, maltitol, dan erythritol.

2. Kopi Hitam

Karena sifatnya asam, kopi hitam dapat menjadi penyebab perut kembung, terlebih jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif. Tak hanya itu, asam dari kopi juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Juga :  Pakai Aplikasi SINAR, Perpanjang SIM Sekarang Bisa dari Rumah

Kopi hitam juga dapat menjadi iritan dan menyebabkan pembengkakan secara cepat. Menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalam kopi hitam dapat membuat efek kembung ke perut menjadi lebih buruk.

3.Popcorn

Popcorn juga bisa menjadi penyebab perut kembung. Pasalnya, satu porsi penyajian berondong jagung ini banyaknya setara 3-4 cangkir atau sama dengan ukuran 3-4 bola tenis.

Karena porsinya besar dan memakan banyak tempat di dalam pencernaan, popcorn dapat menyebabkan perut kembung sementara. Kendati begitu, satu porsi popcorn hanya berisi karbohidrat yang jumlahnya sama dengan selembar roti tawar.

Baca Juga :  Empat Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI AL di Terminal Bungurasih Ditangkap Polisi

Itu dia beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab perut kembung. Bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsinya sama sekali, ya. Disarankan untuk mengonsumsi dalam jumlah cukup atau tidak berlebihan agar perut tetap aman terhindar dari rasa tak nyaman.

Tetapi, jika Anda merasakan perut kembung mulai mengganggu kesehatan, sebaiknya  segera periksa ke dokter. (mu/kara)

Share

Tinggalkan Komentar

Close Ads X